Blogging Series: 7 Plugin Wajib Buat Pengguna WordPress

by on

 

Ketika sudah berhasil install WordPress dan mulai aktif ngeblog, pertanyaan selanjutnya bagi para blogger pemula biasanya adalah: plugin apa saja yang harus saya pakai? Melanjutkan bahasan sebelumnya pada artikel sebelumnya tentang 8 tips praktis wordpress bagi pemula, sekarang mari kita simak lebih jauh seputar WordPress plugin.

Definisi: WordPress Plugins adalah sebuah program yang bisa menambahkan fitur atau layanan tertentu yang dibutuhkan satu blog berbasis WordPress. 

Sekarang ini, sudah lebih dari 42,000 plugin tersedia di WordPress. Wow banget yak! Jangan pusing, kamu nggak harus install semuanya. Cukup kamu pilih yang penting-penting saja. Misalkan untuk satu fungsi tersedia banyak pilihan plugin, kamu pun cukup install satu plugin saja karena mubazir install lebih dari satu.

Gimana cara installnya? Mudah saja:

  1. Login sebagai admin blog kamu.
  2. Lihat di sidebar menu sebelah kiri. Ada menu “Plugins”. Pilih dan klik “Add New”.
  3. Kamu akan disuguhkan bermacam pilihan plugin. Nggak perlu kamu lihat satu-satu, cukup kamu ketik plugin apa yang kamu inginkan di kotak “Search” di sebelah kanan halaman.
  4. Setelah muncul plugin pilihan kamu, klik “Install Now”.
  5. Setelah proses install selesai, kamu bisa aktifkan dengan klik “Activate”.
  6. Lakukan setting sesuai kebutuhan kamu.
  7. Selesai.

Gampang ‘kan? Biar lebih gampang lagi, berikut saya sajikan rekomendasi plugin apa saja yang wajib kita miliki. Sekedar catatan, terlalu banyak plugin bisa membuat blog kita berat untuk dibuka. Jadi, install yang penting-penting saja ya!

Yoast SEO Plugin

plugin wajib wordpress Yoast SEO

SEO Plugin diperlukan untuk mengetahui secara mudah apakah tulisan kita memenuhi syarat untuk mudah ditemukan oleh mesin pencari (search engine seperti Google). Tersedia banyak plugin, salah satu di antaranya adalah Yoast SEO.

Google XML Sitemaps

mudah bikin sitemap dengan google xml sitemap plugin

Memiliki sitemaps yang terstruktur baik memudahkan search engine untuk menemukan artikel atau halaman dari website/blog kita. Setelah mendaftarkan blog kamu ke Google Search Console (sebelumnya disebut Google Webmaster), kamu bisa mendaftarkan sitemap blog kamu. Untuk membangun sitemap, cukup gunakan plugin seperti Google XML Sitemaps.

Contact Form 7

plugin wordpress contact form 7

Blog yang baik sekiranya dilengkapi dengan formulir di mana pengunjung bisa dengan mudah menghubungi pemilik blog. Buat kita-kita yang nggak jago coding, nggak masalah karena ada plugin yang memungkinkan kita dengan mudah membuat formulir dan menaruhnya di halaman Kontak (atau sejenisnya). Plugin yang populer untuk ini misalnya Contact Form 7.

Jetpack

plugin jetpack by wordpress

Jetpack adalah satu plugin yang menyediakan bermacam-macam fungsi. Kamu bisa memilih fungsi apa saja yang akan kamu pakai. Yang dianjurkan untuk kamu aktifkan adalah fitur untuk berbagi di media sosial, keamanan situs, statistik untuk mengetahui data pengunjung blog kamu, dan masih banyak fitur lainnya.

Hello Bar

hello bar plugin wordpress

Kalau kamu lihat Balepoint.com ini, kamu akan lihat satu baris di bagian atas halaman yang memuat informasi dan link yang saya anggap penting. Juga, kamu akan disuguhi satu pop-up di mana kamu bisa memasukkan alamat email untuk berlangganan blog ini. Banyak pilihan plugin yang menyediakan fungsi ini, namun yang saya gunakan adalah Hello Bar. Layanan gratis yang mereka sediakan sudah cukup bagi keperluan kita. Kamu hanya perlu mendaftar, memilih layanan yang kamu perlukan dan set sesuai keinginan, lalu install plugin Hello Bar di blog kamu dan otomatis Hello Bar akan terhubung dan aktif.

Wordfence Security

wordfence security

Sekuritas itu penting, dan jaman sekarang banyak orang usil yang seenaknya meng-hack situs orang lain entah demi tujuan apa. Jangan kuatir, cukup install Wordfence Security untuk blog kamu. Layanan yang mereka sediakan adalah gratis.

Shortcodes Ultimate

shortcodes ultimate plugin

Ingin menambah cantik tampilan blog kamu? Seperti di artikel ini kamu lihat terkadang saya menyisipkan teks yang ada di dalam kotak dengan tujuan untuk lebih menarik perhatian. Buat yang jago coding, hal seperti itu mah nggak jadi masalah, gampang untuk dipecahkan. Tapi buat kita orang awam, yang kita butuhkan adalah plugin seperti Shortcodes Ultimate. Dengan mudah kamu bisa punya box seperti di bawah ini, misalnya.

Shortcodes Ultimate is WordPress plugin that provides mega pack of shortcodes. This is really premium plugin that you can get absolutely for free! With this plugin you can easily create tabs, buttons, boxes, different sliders, responsive videos and much, much more. Turn your free theme to premium in just a few clicks.

Tujuh plugin di atas sudah cukup apabila kamu baru memulai blogging. Seiring dengan waktu, kamu akan tahu plugin apa saja yang kamu butuhkan. Karena kebutuhan orang beda-beda, jadi kamu nggak perlu mengikut blogger lain yang kebutuhannya bisa jadi beda dengan kamu.

Kalau kamu, plugin seperti apa yang kamu perlukan?

You may also like

Leave a Comment

Your email address will not be published.