[Bedah Situs] Membedah Halaman Profil Hotel di Booking.com (2)

Menyambung tulisan sebelumnya yang membahas printilan di halaman profil hotel Booking.com, kali ini saya akan membahas konten utama di halaman profil hotel. Patut diingat bahwa tangkapan layar alias screenshot yang ada di tulisan ini, bisa jadi berbeda dengan yang kamu lihat secara live. Booking.com termasuk OTA (Online Travel Agent) yang rajin melakukan pembaruan dan melakukan A/B testing. Namun, saya harap dari tulisan ini, kita bisa belajar memahami apa saja yang terkandung di halaman profil hotel OTA mana saja, yang akhirnya bisa membuat kita menentukan pilihan hotel yang tepat dan tidak melakukan kesalahan saat memesan kamar.

Yuks, kita mulai!


Kita akan menggunakan halaman profil hotel Moc Lan Boutique Hotel di Da Nang, Vietnam.

Di artikel sebelumnya, kita sudah bahas untuk side bar dan bagian lainnya. Sekarang kita bahas main content alias konten utama yaitu profil hotel yang bersangkutan.

Halaman Profil Hotel di Booking.com - Header

Kita lihat, di bagian paling atas, ada 4 tab yaitu:

  1. Info & harga
  2. Fasilitas
  3. Aturan menginap
  4. Ulasan tamu (149)

Apabila kita klik tab tersebut, halaman akan langsung meluncur ke bagian yang bersangkutan. Jika kita klik tab “Ulasan tamu”, akan ditampilkan ulasan tamu seperti tangkapan layar di bawah ini.

Ulasan tamu hotel Booking.com

Di bawah tab, ada baris informasi seputar hotel, yaitu:

  1. Jenis akomodasi, apakah itu hotel, villa atau yang lainnya
  2. Nama Hotel
  3. Ikon jempol kuning sebagai penanda hotel ini adalah Preferred Partner dari Booking.com, dan apabila kita hover atau arahkan kursor ke jempol ini, akan muncul tooltip berisi keterangan apakah Preferred Partner itu.
  4. Rekomendasi apakah properti ini bagus untuk tipe traveler tertentu seperti couple, family, groups, single traveler dan sebagainya.
  5. Ikon hati sebagai alat apabila kamu ingin bookmark atau menyimpan halaman hotel ini sebagai hotel favorit.
  6. Ikon share yang apabila diklik akan menampilkan pilihan apakah kita mau share lewat Facebook, Twitter atau share link lewat media lain.
  7. Button “Pesan Sekarang” yang apabila diklik akan membawa kita langsung ke tabel harga kamar. Di bawah button ada pesan “Kami samakan harganya” yang merupakan policy best price guarantee dari Booking.com
  8. Alamat hotel
  9. Button untuk menampilkan peta lokasi

Peta lokasi ini sangat penting, agar kamu tidak salah pilih. Misalnya pengin hotel di pusat kota, gara-gara malas cek peta lokasi, dapatnya hotel di pinggiran kota.

Selanjutnya kita lihat ada galeri foto hotel dengan display beberapa review tamu hotel.

Photo Gallery Halaman Profil Hotel Booking.com

Galeri foto ini sangat membantu kita untuk membayangkan seperti apa hotel yang ingin kita pesan. Foto yang ditampilkan sesuai dengan input dari hotel. Beberapa hotel sangat jelek presentasinya dengan menampilkan hanya beberapa foto dan itupun tampak tidak meyakinkan – mungkin karena abai terhadap pentingnya representasi mereka di dunia maya, atau mungkin nggak punya staf ecommerce yang mumpuni.

Namun seperti kita lihat, untuk Moc Lan Boutique Hotel ini, galeri foto mereka sangat menarik secara visual dan menggoda kita untuk segera memesan.

Di bawah galeri foto, terpampang profil hotel dan informasi-informasi penting lainnya.

Informasi yang disediakan sebenarnya dalam berbagai bahasa, namun jika Hotel tidak menyediakan informasi dalam bahasa kita, secara default akan tampil dalam bahasa Inggris. Jangan malas untuk menyimak bagian ini, karena dari informasi ini kita bisa tentukan apakah hotel ini sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kita.

Kita bisa lihat ada kotak informasi dengan ikon gembok, yang mensugesti kita untuk pesan kamar secepatnya. Juga, ada kolom pencarian harga hotel berdasar tanggal menginap. Tampilan ini hanya jika kamu belum menentukan tanggal, ya!

Halaman Hotel Profile Booking.com

Setelah kamu memasukkan tanggal check-in dan check-out dan mengklik button “Cek ketersediaan”, tampilannya akan berubah seperti ini. Perhatikan bahwa kotak pesan berubah isinya, menyesuaikan dengan tanggal pencarian.

Search box di halaman profil hotel booking.comSekarang, kita lihat tabel harga kamar, yang tampil sesuai tanggal yang kita masukkan. Harga ini sifatnya dinamis, bisa berubah setiap hari, bahkan setiap menit.

Karena tabelnya cukup panjang, saya tampilkan baris-baris teratas aja ya, biar nggak menuh-menuhin layar.

Tabel harga kamar booking.com

Kita lihat ada 6 kolom, yaitu:

  1. Tipe kamar
    Berisi informasi tentang kamar seperti room type, jenis bed yang tersedia, luas kamar, fasilitas dan amenities yang ada di kamar. Apabila kita klik nama room type, akan muncul foto-foto kamar yang bersangkutan.
  2. Muat alias kapasitas kamar
    Ini detil yang sering diabaikan tamu, sehingga terjadi kisruh seperti tulisan saya sebelumnya tentang tamu yang marah-marah di hotel. Intinya, pesan kamar sesuai kebutuhan. Kalau mau check-in bertiga, ya pilih kamar yang muat tiga orang.
  3. Harga hari ini
    Harga kamar sesuai pencarian kita. Harga ini dinamis, bisa berubah setiap saat. Ada juga keterangan apakah harga sudah termasuk pajak atau belum.
  4. Pilihan Anda
    Kolom ini berisi informasi seputar cancellation policy atau kebijakan pembatalan. Setiap hotel bisa berbeda policy-nya, jadi jangan sampai salah pemahaman ya. Biasanya, harga murah disertai dengan kebijakan yang ketat. Kalau tanggalmu belum pasti, jangan pilih yang nggak bisa di-cancel!
  5. Pilih kamar
    Di sini tempat menentukan berapa kamar yang kamu butuhkan. Untuk setiap booking, kamu hanya bisa memilih satu room type. Angka yang muncul di dropdown tiap kamar bisa berbeda, sesuai dengan ketersediaan yang ada di Hotel.
  6. Pesan sekarang
    Setelah memilih kamar yang mana dan berapa jumlah kamar, klik button “Pesan sekarang” dan kamu akan menuju halaman pemesanan untuk mengisi data-data tamu.

Jelas, praktis dan informatif ya, tabel harga milik Booking.com ini? Seringkali, Booking.com juga menampilkan informasi dengan highlight warna merah seperti tangkapan layar di bawah ini, yang menegaskan bahwa kamar tersebut baru saja dipesan beberapa waktu yang lalu. Tujuan pesan ini jelas, menekankan urgensi pada kita untuk memesan kamar secepat mungkin!

Halaman profil hotel Booking.com

Di bawah tabel harga kamar, ada informasi seputar mata uang yang digunakan. Nice to know.

Halaman profil hotel di booking.com

Setelah itu kita akan melihat berbagai informasi tambahan seputar hotel ini. Informasi ditampilkan oleh Booking.com dengan ringkas dan apik.

Ini informasi tentang tempat-tempat penting di sekitar hotel. Plus ada pop-up muncul mengingatkan kita untuk segera menyelesaikan pemesanan. Duh, gak sabaran ya Booking.com ini!

Informasi Halaman Hotel Profile Booking.com

Lengkap tidaknya informasi di sini, tergantung dari kecakapan hotel me-manage akun mereka di Booking.com. Informasi ini tidak pernah saya lewatkan jika saya hendak pesan hotel. Nggak mau ‘kan, penginnya dekat pantai, malah dapat hotel dekat gunung.

Scroll ke bawah lagi, kita akan menemukan informasi seputar fasilitas di hotel. Dijabarkan dengan komplit dan pengkategorian yang jelas, apakah itu fasilitas kamar, olahraga, restoran dan lain-lain.

Booking.com juga menyertakan 4 alasan untuk memilih hotel yang bersangkutan.

Halaman Hotel Profile Booking.com

Sama seperti informasi lainnya, fasilitas hotel ini juga di-manage oleh hotel yang bersangkutan. Kamu berhak komplain apabila menemukan kesalahan informasi, misalnya di profil tertulis ada kolam renang, pada saat kamu check-in ternyata nggak ada kolam renang di hotel.

Di bawah fasilitas, kita akan menemukan aturan menginap di hotel. Bagian penting yang sering dilewatkan oleh pengunjung. Padahal, aturan ini penting banget untuk menghindari salah paham. Pun, tiap hotel berbeda aturannya, jadi yakinkan kamu sudah paham benar aturan menginap di hotel yang kamu pilih.

Aturan menginap di hotel

Jangan remehkan aturan menginap ini. Jika tertera jam check-in mulai jam 14.00, maka hotel berhak menolak jika kamu ingin early check-in. Kamu bisa saja menitipkan barang di hotel, lalu jalan-jalan atau melakukan aktivitas lain sampai jam check-in tiba dan kamarmu sudah siap.

Ada juga aturan tentang anak-anak dan hewan peliharaan. Tidak semua hotel mengijinkan anak-anak untuk ikut menginap, seperti Moc Lan Boutique Hotel ini. Mereka pastinya punya alasan khusus.

Satu lagi informasi yang selalu saya perhatikan adalah soal pembayaran. Tidak semua hotel menerima kartu debit atau kartu kredit. Kalau begitu, saya harus siap-siap uang tunai.

Aturan menginap di hotel ini menutup konten utama di halaman hotel profil Booking.com.

Pastikan kamu paham benar soal hotel yang kamu pilih, agar tidak menyesal saat check-in! Memang sih, yang terpampang di halaman profil hotel ini belum tentu 100% benar, terutama soal foto. Rata-rata foto yang terpajang lebih indah daripada aslinya. Karena itu, kamu perlu membandingkan informasi yang kamu baca, dengan informasi dari tempat lain.

Atau, yakinkan dengan membaca review tamu-tamu yang sudah menginap di hotel yang bersangkutan. Bisa dari sumber Booking.com sendiri, atau dari review Google Local Guides, atau dari situs seperti Tripadvisor.

Yang penting, jangan terburu-buru memutuskan pilihan.

Semoga penjabaran saya ini berguna dan tidak membosankan ya. Sampai jumpa di bedah situs lainnya!

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *