Peluang Kerja Bagi Anak SMA

Deretan Peluang Kerja untuk Anak SMA


Peluang kerja untuk anak SMA sangatlah banyak. Ada beberapa macam pekerjaan bagi anak SMA yang ingin kerja sambilan atau sampingan. Jenis-jenis pekerjaan tersebut bisa disambi sembari belajar di sekolah. Apa saja jenis pekerjaan yang bisa dijadikan sampingan anak SMA? Berikut ini adalah deretan jenis dan peluang kerja untuk anak SMA.

  1. Penulis Konten
    Bagi anak SMA yang hobi menulis, ada jenis pekerjaan sebagai penulis konten atau content writer. Pekerjaan ini sangatlah cocok untuk anak SMA yang ingin menambah uang jajan. Biasanya, tak ada syarat khusus sudah sarjana atau berpengalaman untuk menjadi seorang penulis konten. Syarat utamanya adalah bisa menulis dengan baik sesuai dengan permintaan. Banyak anak SMA yang menekuni pekerjaan satu ini dan berhasil.
  2. Fotografer
    Anak SMA juga pasti ada yang hobi fotografi. Bagaimana jika hobi tersebut disulap jadi uang lewat pekerjaan sebagai fotografer. Di waktu-waktu tertentu, permintaan jasa fotografer memang bisa meningkat tajam. Misalnya saat musim pernikahan. Ini adalah kesempatan yang pas untuk ikut mengeruk pundi-pundi Rupiah. Buat anak SMA yang punya keahlian di bidang fotografi, cobalah untuk menjajakan jasa sebagai fotografer.
  3. Jualan Online
    Berjualan secara online juga jadi cara yang sangat direkomendasikan bagi anak-anak SMA. Mendirikan online shop memang sudah jad trend tersendiri di kalangan masyarakat Indonesia. Kemudahan yang ditawarkan membuat banyak orang yang tertarik untuk berjualan secara online. Untuk jualan online, tak ada syarat khsusus. Asal punya barang yang bisa dijual dan paham teknologi, wirausaha secara online bisa dilakukan.
  4. Bisnis Jajanan
    Anak SMA yang ingin mencari uang di tengah kesibukan sekolah juga bisa bisnis jajanan. Banyak anak-anak sekolah yang berjualan makanan ringan atau jajanan sepulang sekolah. Banyak jenis jajanan yang cocok dijual oleh anak SMA. Misalnya jajanan kue kekinian, atau jajan khas Korea. Dengan modal yang tak terlalu besar, kita bisa memulai bisnis jajanan.
  5. Editor dan Desainer
    Anak SMA yang punya kemampuan dalam program Photoshop atau Corel Draw punya kesempatan untuk bekerja sebagai editor dan desainer. Hampir sama seperti fotografer, jasa editor di waktu-waktu tertentu bisa melonjak tajam. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk jadi editor atau desainer paruh waktu. Bisa mendirikan layanan sendiri atau bekerja untuk orang lain. Uang bisa didapat, sekolah masih bisa terus berjalan.
  6. Kerja di Restoran
    Sejumlah restoran atau rumah makan kadang membuka lowongan pekerjaan kepada anak-anak yang masih SMA. Biasanya, anak SMA yang ingin kerja bisa menyesuaikan dengan jam sekolahnya. Jadi, pekerjaan tak menganggu kegiatan belajar mengajar. Banyak posisi yang bisa diisi oleh para anak SMA di restoran atau rumah makan. Mulai dari membantu juru masak, pramusaji, hingga bagin bersih-bersih.
  7. Guru Les Anak SD
    Kadang ada orang tua yang mempunyai anak SD membutuhkan bantuan guru les privat. Hal ini bisa dimanfaatkan anak SMA yang punya ketertarikan sebagai guru. Dengan menjadi guru les privat, banyak manfaat yang bisa didapatkan. Jadi, jika ada peluang untuk menjadi guru les privat, jangan sia-siakan dan segeralah untuk mengambil kesempatan tersebut.

Itu tadi deretan jenis dan peluang kerja untuk anak SMA. Banyak dan beragam bukan? Bagi anak SMA yang ingin mendapatkan uang jajan tambahan, jangan ragu dan takut untuk menggunakan kesempatan yang ada.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *