Makan, Makan, Makan Enak di Bali (Part 1)

by on

 

Minggu pertama bulan Agustus 2017, saya berkunjung ke Bali. Sudah setahun lebih ternyata, saya nggak ke Bali. Empat hari rasanya kurang, apalagi disambi kerja, meski tujuan utama tetap terlaksanakan yaitu reunian bersama teman-teman nongkrong di sana semasa muda.

Kali ini saya share dulu tempat-tempat makan enak yang sempat saya kunjungi di trip kemarin. Nggak semua tempat baru sih, beberapa tempat lama saya sempatkan berkunjung for the sake of nostalgia. BTW, rasanya makin banyak tempat makan baru bermunculan di Bali. Saya pikir, kalau setiap hari makan pagi-siang-malam menjajal tempat baru, butuh waktu setahun buat merasakan semuanya!

Silakan simak daftar berikut ini, semoga berguna apabila kamu berniat berwisata kuliner di Bali.

Milk & Madu

Tempat di Canggu ini menjadi tujuan pertama begitu saya mendarat di Bali. Maklum, lapar sudah! Ternyata rekomendasi teman saya ini nggak salah. Milk & Madu memang tempat makan yang populer, terlihat dari pengunjung yang berlimpah. Tempat makan terbuka ini menawarkan outdoor setting dan seuplik taman yang asik buat foto-foto ataupun tempat bermain dengan anak-anak. Makanannya okay banget buat saya, dengan berbagai pilihan menu ala Barat.

Milk & Madu Menu
Burger & Whole Coconut pesanan teman saya
Scrambled egg, croissant dan air kelapa in bottle-to-go buat saya
Reminder untuk hidup sebisa mungkin bebas plastik

Milk & Madu
Jalan Pantai Berawa 52, Badung, Bali, Indonesia
Tel: 0361 4081872
Website: www.milkandmadu.com

Warung Gula Bali – The Joglo

Setelah sarapan ala Barat, makan siang saya mampir ke tempat makan dengan menu khas Bali dan non-babi, yaitu Gula Bali. Warung di daerah Sunset Road di belakang RS Siloam ini luas dengan taman terbuka yang bikin betah untuk makan dan ngobrol dengan teman-teman. Oya, Gula Bali ini ada juga di daerah Renon dan Ubud. Pas buat kamu yang ingin cari makanan halal di Bali tapi juga khas Bali.

Gula Bali Sunset Road
Gula Bali Menu – semua makanan khas Bali
Gula Bali Sunset Road
Tempatnya luas, cukup buat menampung keluarga besar
Gula Bali Sunset Road
Dipercantik dengan taman, bikin betah
Gula Bali Sunset Road
Nasi campur Bali – halal non babi

Warung Gula Bali – The Joglo
Jl. Merdeka Raya VI No 11, Sunset Road, Kuta, Bali 80361
Tel: 0812-3880-7791

Warung Sulawesi

Ini tempat makan kesukaan saya sedari dulu. Sesuai namanya, Warung Sulawesi menyajikan masakan khas Sulawesi dengan penyajian ala warung tunjuk gitu. (Ngerti ‘kan ya istilah “warung tunjuk”? Kita tunjuk-tunjuk makanan yang kita mau dan pramusaji akan mengambilkan serta menatanya di piring sesuai keinginan kita.) Warung Sulawesi jadi satu alternatif buat kamu yang mencari makanan halal di Bali. Kamu juga bisa pesan es pisang ijo dan pallubutung di sini!

Warung Sulawesi
Warung Sulawesi Bali
Display makanan di Warung Sulawesi

Warung Sulawesi
Jalan Raya Petitenget No 200Y, Kerobokan Kelod, Kuta Utara, Bali
Tel: (0361) 7450063

Warung Siam – Thai Home Cooking

Ini salah satu hidden gem di bilangan Seminyak. Terletak di seberang Seminyak Village (pusat pertokoan baru di Seminyak, berdampingan dengan Seminyak Square), hanya terlihat pintu masuk ke Siam Resto yang satu lokasi dengan Temu Coffee dan beberapa artshop/gallery. Begitu sampai ke restorannya, saya langsung jatuh cinta. Nyaman sekali menikmati hidangan khas Thailand di tengah taman terbuka, dengan lampu-lampu yang bikin suasana romantis malam itu. Pelayanan yang cepat, ramah dan menyenangkan menjadi nilai tambah. Makanannya jangan diragukan, semua sempurna mulai dari porsi, rasa dan harga.

Warung Siam Seminyak
Warung Siam Seminyak
Tempatnya nyaman banget
Warung Siam Seminyak
Makan malam saya pork belly plus telor dadar plus macem-macem
Warung Siam Seminyak
Jalan masuk ke restoran

Warung Siam Seminyak
Jalan Kayu Cendana No. 1, Seminyak, Kuta Utara, Bali 80361
Tel: 0812-3998-3272

Ingka Restaurant Bali

Ini salah satu restoran yang baru buat saya, meskipun dulu sebelum pindah ke Jakarta, sudah sering lewati Jalan Mertanadi dekat LP tanpa terbersit singgah buat mampir. Sama seperti Warung Siam, dari depan Ingka terlihat biasa, namun begitu masuk ke restoran, langsung wow karena tempatnya luas memanjang dan ada outdoor seating di bagian belakang. Ingka menyediakan masakan Indonesia dan Barat. Beberapa tamu terlihat membawa laptop, saya duga karena tempat ini asik buat kerja karena suasananya dan juga koneksi wifi yang cepat.

Crispy Duck – Ingka Bali
Di bagian belakang resto, ada outdoor seating gini
Tampilan depan, tertutup dedaunan
Warung Ingka Bali
Signage agak nyempil, tapi mudah dicari kok!

Ingka Restaurant Bali
Jl. Mertanadi No.80, Kerobokan Kelod, Kuta Utara, Bali
Tel: (0361) 735219

Warung Babi Guling Pak Dobiel

Dobiel sudah terkenal di kalangan pecinta babi guling (bagul) di Bali. Semacam menu wajib bagi saya apabila ke Bali. Kemarin, tumben rasanya pedas banget, meskipun sambelnya cuma bersentuhan dikit dengan nasi, sudah cukup nampol bikin saya kepedasan. Di samping warung bagulnya, ada warung ayam betutu, jadi ada alternatif buat kalian yang nggak suka bagul. BTW, harga yang dipatok di Dobiel terkenal suka-suka, kemarin berempat kerusakan menelan biaya sekitar Rp. 145,000 (minum bayar terpisah). Mahal? Murah? Yang jelas, masih salah satu babi guling terbaik di Bali (bagi saya).

Babi Guling Dobiel
Babi Guling Dobiel Nusa Dua pedas tiada tara

Warung Babi Guling Pak Dobiel Nusa Dua
Jl. Srikandi No. 9, Nusa Dua, Benoa, Badung, Kabupaten Badung, Bali
Tel: (0361) 771633

Warung Surya

Nah warung yang satu ini juga kental dengan rasa nostaljik bagi saya. Dulu Warung Jawa Timur-an ini buka 24 jam, jadi dulu saya acap ke sini tengah malam pas kelaperan. Menu beragam, harga bersahabat. Disajikan dengan cara prasmanan, kita bisa bebas mengambil lauk pauk, setelah itu menuju ke kasir untuk dihitung, lalu makan deh! Jangan lupa bayar sebelum pulang. Nggak ada yang berubah dari Warung Surya, kecuali sekarang sudah ada juice corner, dan di halaman depan sudah ada Lalapan Surya khusus buat kalian yang suka lalapan ala ayam penyet dan sejenisnya.

Rp. 20,000 saja termasuk minum (teh manis hangat)
Warung Jawa Timur-an dengan menu prasmanan
Sekarang ada lalapan-nya di halaman depan

Warung Surya
Jl. Mahendradatta Selatan, Tegal Harum, Kota Denpasar, Bali 80119
Tel: (0361) 7858851

 

Demikianlah, petualangan kuliner saya di Bali minggu kemarin. Berwisata kuliner di Bali nggak harus mahal. Banyak warung dan tempat makan murah dengan rasa dan kualitas terjamin. Di tulisan berikutnya, saya akan berbagi info tentang tempat ngopi dan nongkrong asik di Bali. Stay tune yak!

You may also like

1 Comment
  1. bufferdotcom 2 months ago

    Noted, semoga ada waktu ke Bali lagi bisa mengunjungi semua tempat makan diatas..

Leave a Comment

Your email address will not be published.