Jawaban saya di Quora

Berapa biaya yang perlu dikeluarkan untuk WFH sebulan di Bali?

Disclaimer
Belakangan saya cukup rajin berkiprah kembali di Quora, setelah menjadi anggota di sana sejak 2012. Jadi saya pikir, baik juga kalau saya arsipkan jawaban saya di sana, di blog Balepoint ini dengan kategori: Quora. Siapa tahu, kalian tertarik menjadi Quoran seperti saya dan jutaan orang lainnya.

Pertanyaan: Berapa biaya yang perlu dikeluarkan untuk WFH sebulan di Bali?

Jawaban saya:

Tergantung budget yang Anda punya. Sebagai patokan, rincian budget yang biasa-biasa saja (tidak menderita tapi juga tidak bermewah-mewah):

  • Kost: Rp 1.200.000 per bulan. Ini udah kamar mandi dalam, wifi, lokasi strategis, kamar mandi dalam. Tapi cuma ada tempat tidur, lemari, meja kerja + AC. Tidak ada TV. Dapur bersama.
  • Listrik: dari pengalaman, listrik selama saya ngekost di tempat yang beda-beda berkisar antara Rp 100.000 s/d Rp 600.000
  • Makan: Kalau pakai gofood 3 x sehari budgetin aja Rp 100.000. Sebulan berarti sekitar Rp. 3.000.000. Bakal lebih murah kalau mau jalan sendiri ke warung atau kalau bisa naik motor, sewa motor buat bebas cari makan. Bisa ngirit, sehari cukup Rp 50.000 s/d Rp 75.000 buat makan 3 x dan bergizi.
  • Sewa motor: Kalau bisa naik motor dan punya SIM, lebih baik sewa motor karena di Bali minim transportasi umum. Kalau nggak, ya pakai gojek. Budgetin aja untuk sewa motor + bensin Rp. 1.000.000 dengan asumsi tiap hari jelong-jelong naik motor atau naik gojek.
  • Coworking space: Ada beberapa coworking space di Bali, seperti Bali Bustle, Kolega (sepi tapinya), Hub Bali Jalan Nakula dll. Budget: Rp. 1.000.000 s/d Rp 1.500.000. Budget segini juga bisa buat nongkrong di coffee shop kalau bosan kerja dari kamar kost.
  • Acara senang-senang tiap weekend: Tergantung gaya hidup. Mau murah meriah nongkrong di 66 makan bakso + ngebir, bisa. Mau hedon tinggal ke club aja. Ini unpredictable ya karena tergantung gaya hidup dan kesukaan orang per orang.

Kalau saya punya budget lebih, saya cenderung milih sewa kost yang eksklusif (Rp 3.000.000 s/d tak terhingga) jadi bisa tenang kerja di kost tanpa perlu ngungsi ke coworking space atau ke coffee shop. Biasanya kost eksklusif juga ada dapur di kamar, jadi bisa hemat karena bisa masak sendiri.

Meskipun pada praktiknya, sebagus-bagusnya kost pasti kita ada bosannya, dan pengin kerja dari coffee shop atau tempat umum sambil cuci mata.

Oya, bisa juga sewa motor / mobil pas weekend aja, buat jalan-jalan refreshing setelah kerja lima hari.

Semoga gambaran di atas cukup membantu ya!

Kalau mau nimbrung diskusi, silakan langsung cuss ke Quora.


Posted

in

by

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *