Terlambat Check-in di Hotel

Tentang Terlambat Check-In

Disclaimer
Belakangan saya cukup rajin berkiprah kembali di Quora, setelah menjadi anggota di sana sejak 2012. Jadi saya pikir, baik juga kalau saya arsipkan jawaban saya di sana, di blog Balepoint ini dengan kategori: Quora. Siapa tahu, kalian tertarik menjadi Quoran seperti saya dan jutaan orang lainnya.

Pertanyaan: Apa yang terjadi jika kita terlambat datang untuk check-in di hotel dari waktu yang telah ditentukan?

Jawaban saya:

Misalnya waktu check-in 14.00 sampai 24.00, dan kita datang 00.01, ada kemungkinan bookingan kita sudah auto-released dari system dan dinyatakan no show (CMIIW). Kalau hotel di Indonesia sih rata-rata masih bisa menerima penjelasan dari kita dan reservasi bisa diaktifkan lagi.

Tapi sebaiknya, apabila memang sudah tahu kalau terlambat check-in, beritahu ke hotel yang bersangkutan agar mereka bisa mempersiapkan segala sesuatunya, misalnya menandai reservasi di sistem agar tidak auto-released.

Kalau hotel di luar negeri, Eropa misalnya, lebih ketat aturannya. Pengalaman seorang teman, karena badai salju, dia sampai di hotel pukul 17.05. Sementara check-in hanya sampai pukul 17.00. Untung saja memang badai salju jadi si staf front-office yang memang sudah bersiap-siap pulang, nggak bisa pulang dan bisa proses check-in teman saya. Kalau si staf front-office sudah pulang? Ya teman saya harus cari hotel lain.

Salah satu hostel yang saya kenal di Jogja juga restrict banget soal check-in. Check-in hanya sampai jam 19.00. Setiap tamu yang datang setelahnya, bisa self check-in dengan mencari kunci pintu hostel di tempat yang sudah disediakan dengan nama tamu yang bersangkutan. (Karena ini hostel, jadi nggak ada kunci kamar, ya.).

Sebaiknya komunikasikan setiap kejadian yang menunda check-in kita ke hotel. Kalau tidak bisa lewat telepon, bisa lewat email.

Kalau mau nimbrung diskusi, silakan langsung cuss ke Quora.


Posted

in

by

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *